Sunday 27 January 2013

JEJARING SOSIAL PICU PENGGUNANYA TAK BISA MENGONTROL DIRI

Maraknya jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter makin populer di kalangan masyarakat tanpa memandang usia pengguna. Sekarang Linkedin pun lagi naik daun. Dikabarkan juga saat ini facebook sudah memiliki pengguna aktif lebih dari satu miliar di seluruh dunia. Namun sayangnya, hanya sedikit orang yang mengerti dan menyadari akan dampak negatif dari munculnya jejaring sosial tersebut.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa beberapa jenis situs jejaring sosial dapat menyebabkan penggunanya mengalami gangguan dalam hal mengontrol diri yang dapat mengarah pada tindak kekerasan, obesitas, dan utang yang cukup besar.


Penggunaan jejaring sosial diakui oleh para ilmuwan juga memiliki efek positif diyakini dapat meningkatkan kepercayaan diri si penggunanya sehingga orang tersebut menjadi lebih impulsif (bertindak tiba-tiba). Namun ilmuan juga merasa prihatin atas penggunaan jejaring sosial secara moderat dan ditemukan banyak penggunanya kehilangan kontrol dirinya dan menyebabkan masalah-masalah sosial seperti agresi dan melakukan tindak kekerasan.

Selain itu, para peneliti juga menemukan hasil yang menunjukkan bahwa penggunaan jejaring sosial dikaitkan dengan memiliki Indeks Masa Tubuh (BMI) yang lebih tinggi, mengemil dan melakukan pesta makanan terus meningkat. Selain itu, kredit tabungan yang tiba-tiba terus berkurang dan terus memiliki utang disebabkan orang tersebut senang berbelanja secara online. (KF-EDU/Vey/komsumtif.com)

No comments:

Post a Comment

Read more: http://infoku-bloggerku.blogspot.com/2012/10/cara-membuat-like-box-melayang-dengan.html#ixzz2UPfaL7wn